Friday 8 November 2013

Sebentar Lagi, 3 Penyakit Mematikan Bisa Dideteksi Lewat Ludah



Tiga penyakit mematikan - kanker, penyakit jantung, dan diabetes - sebentar lagi bisa dideteksi lewat tes yang menggunakan ludah, demikian menurut penelitian terbaru.

Adanya metode terbaru untuk mendeteksi ketiga penyakit mematikan tersebut tentu lebih efektif dan efisien untuk dilakukan. Selain itu, deteksi dini memberikan kesempatan yang lebih tinggi bagi para pasien untuk bertahan hidup.

"Sebentar lagi, tanpa pergi ke dokter, kanker dan penyakit mematikan lain bisa diperiksa sendiri oleh setiap orang. Jika ada gejala yang mencurigakan, baru mereka bisa pergi ke dokter untuk memastikan," papar kepala peneliti Bjorn Klinge dari Malmo University di Swedia.

Selama ini, para pasien memang memiliki keterbatasan soal dana, sehingga mereka tidak melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi penyakit yang mengancam.

"Penyakit pada dasarnya menyebabkan inflamasi. Layaknya diabetes, penyakit jantung, dan kanker, semua itu bisa diketahui melalui ludah pasien," terang Klinge lagi, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Sayangnya, butuh alat yang benar-benar akurat untuk mendeteksi ludah para pasien. Setidaknya, peneliti berjanji akan menyediakannya kira-kira lima sampai sepuluh tahun ke depan.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 GreenLand | Powered by Blogger | Design n Blogger Theme by Koplix |